Hakikat dan Karakteristik bahasa


HAKIKAT DAN KARAKTERISTIK BAHASA
1          1.   Defenisi Bahasa menurut 3 ahli :
a.       “Bahasa adalah sistem dari simbol-simbol yang secara potensial mengacu kepada dirinya dan terstruktur yang mendata  benda-benda, kejadian-kejadian, dan hubungan-hubungan di alam dunia.(De Vito 1970:7)”.
b.      “Bahasa adalah satu alat yang sistematik untuk menyampaikan gagasan atau perasaan dengan memakai tanda-tanda, bunyi-bunyi, isyarat-isyarat atau cirri-ciri yang konvensional dan yang memiliki arti yang dimengerti. (Webster’s News Collegiate Dictionary 1981:641)”.
c.       “Seperangkat kalimat (terbatas atau takterbatas), masing-masing terbatas panjangnya dan tersusun dari seperangkat unsur-unsur yang terbatas. (Chomsky 1957:13)”.
2          2.     Kesimpulan dari defenisi tersebut  :
      Bahasa merupakan sistem komunikasi yang memiliki makna, guna untuk menyampaikan gagasan. Yang mana bahasa tersebut memiliki struktur dan tersusun dari beberapa unsur.
3          3.    Karakterisktik Bahasa :
a.       Bahasa Itu Sistem
Suatu sistem  yang tersusun secara teratur dengan pola tertentu yang mana menghasilkan suatu makna. Dan sistem tersebut memiliki unsur-unsur yang saling berhubungan secara fungsional.
b.      Bahasa Itu Lambang
Bahasa adalah tanda dari beberapa hal yang ada pada kehidupan manusia dan bahasa itu bisa diartikan juga sebagai adanya kehidupan atau interaksi antar sesama manusia.
c.       Bahasa Itu Bunyi
Bahasa juga berbentuk bunyi, yang mana bunyi tersebut dihasilkan melalui alat ucap manusia. Dan tidak semua bunyi dapat disebut bahasa, karena yang dapat disebut bahasa ialah sesuatu yang memiliki pesan atau makna tersendiri pada saat diucapkan.
d.       Bahasa Itu Bermakna
Bahasa juga memiliki makna yang mana makna tersebut di temukan pada suatu objek atau benda dan bahasa itu dapat juga berbentuk ucapan yang bermakna.
e.       Bahasa Itu Arbitrer
Bahasa itu memiliki bunyi yang berbeda, berubah-ubah, dan tidak tetap. Karena dalam bahasa tersebut tidak memiliki ikatan wajib yang mana akan timbul banyak bahasa di muka bumi ini.
f.       Bahasa Itu Konvensional
 Bahasa memiliki kesepakatan umum atau disebut juga dengan konvensional, yang mana konvensional tersebut harus dipatuhi dalam berbahasa sehari-hari. Yaitu agar proses komunikasi tidak terhambat. Jika konvensional tersebut tidak dipatuhi maka proses komunikasi akan terhambat.
g.      Bahasa Itu Produktif
Bahasa memiliki unsur-unsur  yang terbatas, akan tetapi dengan unsur tersebut dapat menghasilkan satuan-satuan bahasa yang jumlahnya banyak.
h.      Bahasa Itu Unik
Setiap bahasa memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri. Ciri khas dalam sistem pembentukan kata, pembentukan kalimat atau sistem lainnya dalam suatu bahasa yang belum tentu dimiliki juga oleh bahasa yang lainnya.
i.        Bahasa Itu Universal
Bahasa memiliki ciri-ciri atau sifat masing-masing. Namun ada bahasa yang memiliki sifat yang sama dengan bahasa lainnya, itulah yang disebut sebagai bahasa itu universal. Dan ada juga yang menyebutkan bahwa sifat yang dimiliki sebagian besar bahasa di dunia itu berada dalam satu rumpun atau disebut dengan setengah universal.
j.        Bahasa Itu Dinamis
Bahasa tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari dan semua aktivitas manusia juga berhubungan dengan bahasa. Semakin lama bahasa berkembang atau semakin bertambah akibat perubahan budaya dan ilmu. Disitulah mengapa disebut bahasa berfifat dinamis, karena bahasa dapat menyesuaikan dengan apa saja yang terjadi.
k.      Bahasa Itu Bervariasi
Setiap bahasa digunakan oleh sekelompok orang yang disebut masyarakat bahasa. Masyarakat bahasa ialah sekelompok orang yang menggunakan bahasa yang sama. Dan variasi bahasa juga terbagi menjadi tiga istilah yaitu idiolek, dialek, dan ragam. Idiolek adalah variasi yang bersifat perseorangan, yaitu ciri khas bahasa yang digunakan seseorang dalam melakukan atau menciptakan sesuatu.
Dialek merupakan variasi bahasa yang digunakan oleh anggota masyarakat di suatu tempat  atau suatu waktu. Misalnya di barat akan berbeda dengan bahasa yang digunakan oleh masyarakat daerah timur. Dan bahasa yang digunakan pada zaman dahulu juga akan berbeda dengan yang ada pada saat ini. Sebab bertambahnya ilmu dan budaya pada saat ini. Dan yang terakhir variasi bahasa yang digunakan oleh sekelompok masyarakat dengan status sosisal tertentu.
l.        Bahasa Itu Manusiawi
Bahasa itu berasal atau diciptakan melalui alat ucap manusia. Dan bahasa digunakan manusia untuk komunikasi dengan tujuan menyampaikan pesan. Beda halnya dengan binantang yang juga berkomunikasi dengan sejenisnya. Akan tetapi bianatang hanya menggunakan gerakan tertentu untuk berkomunikasi dengan binatang lainnya. Binatang tidak dampat menimbulkan ide baru untuk menambah cara baru dalam berkomunikasi. Mereka hanya berkomunikasi sesuai dengan kebutuhan hidup dan biologisnya.

0 Komentar