Resensi Novel IPA & IPS karya Chacaii_


Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh...

Pada kesempatan kali ini saya akan meresensi novel yang berjudul "IPA & IPS", yang mana novel ini telah dibaca lebih dari 6 juta kali di wattpad. Langsung saja kita simak resensi novel sebagai berikut..... :)
  1. Keterangan Buku
  • Judul                   : IPA & IPS
  • Penulis                : Putri Azzahra Hariyanto
  • Penerbit              : Coconut Books
  • Tahun Terbit       : 2017
  • Jumlah Halaman: 336 halaman
      2.   Resensi Novel
Sifat anak IPA dan IPS pastinya berbeda drastis, karena itu mereka tidak pernah akur. Mau sama kakak kelas ataupun satu angkatan sama aja, kayak kucing sama anjing. Tapi berbeda yang terjadi dengan Michele dan Rifqi. Berawal dari hukuman yang justru  mempersatukan mereka. Michele adalah seorang perempuan kelas 12 IPA 3 bersekolah di International High School bersama Aldino yang juga sekelas dengannya. Rara teman sekelasnya yang menjadi sahabatnya. Rifqi kelas 12 IPS 3 yang sering bolos dan keluar masuk ruang BK. Rifa yang juga kelas 12 IPS 3 yang menyukai Aldino.

Rifqi anak yang senang bolos, tidak sopan kepada guru, nakal, juga ganteng siapa sangka ia adalah ketua OSIS padahal nakal. Beda dengan Aldino seorang kutu buku, ganteng, pintar, disenangi banyak guru. Dimulai dengan pertandingan basket kelas IPS menang Rifqi mengejek anak IPA karena Aldino emosi ia menonjok Rifqi, sejak itu Rifqi benci dengan anak IPA. Ia membuat pertandingan basket dan cheers karena ia ingin membuktikan bahwa anak IPS itu pintar tidak hanya anak IPA saja dan ia ingin menjatuhkan anak IPA.

Pertandingan basket dimenangi oleh anak IPS. Suatu hari Michele datang telat ke sekolah ia mencoba masuk lewat gerbang belakang karena gerbang depan sudah ditutup. Rifqi sedang berpatroli di gerbang itu siswa yang telat akan dihukum. Michele dapat hukuman dari Rifqi menjadi pacar nya. Awalnya ia fikir itu hanya candaan namun ternyata serius. Aldino menembak Michelle tetapi, ia menolaknya. Aldino benci dengan Rifqi karena ia telah mengambil semua yang ia mau menjadi KETOS, menjadi juara basket, mengambil Michelle darinya, akhirnya ia melakukan penyerangan kepada Rifqi dengan berpura-pura menjadi Nadhif, Rifqi babak belur. Rifkqi makin benci kepada Aldino.

Rifqi kekurangan dalam pelajaran matematika ia diajarkan oleh Michelle karena disuruh guru matematikanya. Rifqi dendam dengan anak IPA karena Aldino. Aldino menembak Rifa dan Rifa menerimanya lalu, Aldino meminta maaf kepada Rifqi. Akhirnya mereka kembali menjadi sahabat dan Rifqi sudah tidak dendam dengan anak IPA. Aldino, Rifa, Nadhif, Rifqi, Michelle, Davin, Syifa, Farrel, dan Rara menjadi sahabatan mereka pergi ke wahana permainan bersama-sama saat hari sabtu tiba. Farrel dan Rara berpacaran Davin dan Syifa yang dulu nya berpacaran kini menjadi mantan karena mereka saling gengsi.

Rifqi semakin dekat dengan Michelle mereka sering pulang bareng, berangkat bareng, jalan,Suatu hari ada anak baru bernama Alisha yang ternyata ia pernah dijodohkan dengan Rifki oleh ayah nya saat kecil. Alisha iri dengan Michelle ia selalu membuat Michelle menderita. Rifqi dan Michelle akhirnya jadian. Ternyata orang tua mereka juga ingin menikah, tapi karena mama nya Michelle tahu Rifki pacar Michelle pernikahan itu batal. Rifqi dijodohkan oleh papanya, ia tak bisa menolaknya ia memutuskan Michelle tanpa alasan.

Akhirnya Michelle berpacaran dengan Adi orang yang ia temui di halte bus yang mengajaknya pulang bareng.

Kelebihan dari novel ini, memiliki kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca. Alur cerita nya juga menarik sehingga membuat pembaca memiliki rasa ingin tahu apa inti dari cerita novel ini.

Kekurangan dari novel ini, terkadang penulis menggunakan pemborosan kata, sehingga membuat pembaca kesal terhadap bacaannya. Alur dari cerita novel ini juga mudah ditebak.

0 Komentar